Kamis, 01 Mei 2014

BAHAYA GAME ONLINE TERHADAP ANAK-ANAK


Game online adalah sebuah game yang memanfaatkan jaringan (LAN atau internet ) sebagai medianya. Game online juga menyediakan server-server tertentu agar bisa dimainkan.
Game online akhir-akhir ini gencar diminati oleh semua orang khususnya anak-anak yang masih dibawah umur ,mereka sangat menguasai bagaimana cara bermain game online dibandingkan kita yang umurnya lebih tua dari mereka .game online sangat disukai oleh anak-anak ,hampir semua anak menyukai game online dibandingkan dengan permainan-permainan lainya.
Warung Internet atau yang biasa kita sebut dengan warnet tempat tersebut adalah sebagai tempat penyedia game online yang selalu ramai dikunjungi  oleh anak-anak atau bisa juga dikatakan sebagai rumah kedua mereka dalam bermain.

Bermain game online identik dengan duduk berjam-jam didepan komputer atau pun laptop dengan memainkan game-game tertentu yang membuat mereka asyik sendiri dan susah banget untuk kita ganggu atau pun diajak berinteraksi kecuali jika mereka mempunyai masalah mengenai game tersebut baru mereka bisa kita ajak ngobrol dan sebagainya.dampak game online sangat berbahaya dalam mempengaruhi psikologi anak diantaranya dampak tersebut yaitu :

           Waktu makan dan istirahat menjadi tidak teratur
Hampir semua anak susah disuruh makan dan istirahat jika mereka sudah asyik dengan game onlinenya sendiri.
 Prestasi belajar mereka akan menurun
Seorang anak jika sudah kecanduan game pasti mereka susah untuk disuruh belajar karena waktu mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan game dibandingkan dengan belajar.
 Seorang anak mudah emosional dan cepat marah
Seorang anak akan cepat emosional jika dalam permainan game onlinenya kalah dengan lawanya dan mereka biasanya akan mengeluarkan ucapan-ucapan yang semestinya tidak mereka ucapkan 
Pemberosan uang
Seorang anak biasanya akan menghabiskan uang buat bermain game online dibandingkan membeli perlengkapan atau kebutuhan sekolahnya .
                                     

Saran saya bagi para orang tua anak agar lebih tegas dan waspada lagi dalam merawat anak-ankanya supaya perkembangan psikologinya tidak terganggu gara-gara game online (game online membuat seorang anak menjadi candu dalam permainan tersebut seperti halnya narkoba ).

CALEG SETRES


Bukan hal baru bila setiap setelah pemilu banyak para calon anggota legislatif yang stres . Kurangnya dukungan suara membuat para caleg stres karena mereka merasa telah meberikan segalanya demi mewujudkan ambisi menjadi wakil rakyat . Uang dan harta yang begitu banyak mereka keluarkan untuk  berkampanye namun bila tak tercapai menjadi anggota legislatif membuat mereka stres . Kejadian seperti ini selalu terjadi di masa-masa pemilu dan kampanye, sebagian rumah sakit jiwa biasanya sudah mewant-wanti akan hal ini .

Jika hal ini terus dibiarkan akan bertambah para caleg yang gagal dalam perolehan suara menjadi stres . Pemerintah harusnya memberikan penyuluhan bagi para caleg yang akan bertarung di pemilu agar tak terjadi hal-hal yang tak di inginkan seperti memberikan peringatan untuk berkampanye secara bersih . Jangan berkampanye secara kotor seperti membagi-bagikan uang lalu memberikan macam-macam barang karena hal itu tindakan kotor berkampanye .
Seperti yang terjadi dibeberapa daerah ada caleg yang stres lalu akhirnya dimasukkan ke rumah sakit jiwa . Ada pula caleg stres yang mencuri kelapa lalu beringkah tidak wajar .


Untuk itu bagi kita sebagai pemilih, pilihlah caleg yang memiliki potensi besar sebagai pemimpin dan bermental kuat . Bila caleg-caleg gagal itu akhirnya menjadi stres karena mereka itu belum memiliki mental yg kuat dan belum siap menjadi pemimpin sejati .