Rabu, 20 November 2013

REVIEW 2


REVIEW

PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD TANI WILIS KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNG AGUNG

                                                           Oleh :
                                                             
                                               Sulastri Rini Rindrayani
                                                                             
Cakrawala Pendidikan, Volume 11, Nomer 1, April 2009



     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Deskripsi Objek Penelitian

Tabel : 1
Susunan Pengurus Tahun 2008
No
Nama
Alamat
Jabatan
1
2
3
4
5
Ibnu Sutoyo
Hadi Sugito
Bambang Sugeng
Gatot Suhargo
Suwarto
Dono
Tugu
Geger
Sendang
Sendang
Ketua I
Ketua II
Sekretaris I
Sekretaris II
Bendahara

Tabel : 2
Susunan Pengawas KUD Tani Wilis
NO
Nama
Alamat
Jabatan
1
2
3
Suwarno
Sujadi
Triono
Krosok
Sendang
Krosok
Koordinator
Anggota 2 Tahun
Anggota 3 Tahun

          Keegiatan usaha KUD Tani Wilis tahun 2008 (1) Unit penggilingan padi, (2) Unit penggilingan padi,(3) Unit pelayanan listrik, (4) Pelayanan Sarana Produksi Ternak (Sapronak), (5) Unit pengolahan makanan ternak (PMT),(6) Unit pertokoan, (7) Pelayanan sarana produksi Ternak, (8) Unit Angkutan.

Sajian Data
Deskripsi Variabel Harga (X1)
          Jawaban item no 1 tentang penetapan harga produk penjualan di KUD Tani Wilis sesuai harga pasar yang dominan dalam kategori “Di Bawah Harga Pasar” dengan frekuensi 44,3 %. Artinya harga produk penjualan di KUD Tani Wilis di bawah harga pasar. Jawaban item no 2 tentang penetapan harga produk pembelian di KUD Tani Wilis sesuai harga pasar yang dominan dalam kategori “Dibawah Harga Pasar” dengan frekuensi 50%. Artinya KUD Tani Wilis harga produk pembelian di bawah harga pasar. Jawaban item no 3 tentang apakah dalam penetapan harga produk Pembelian KUD Tani Wilis dengan pertimbangan kualitas produk paling dominan  kategori “Sering” dengan frekuensi 50%. Artinya KUD Tani Wilis dalam menetapkan harga pembelian produk dari anggota sering mempertimbangkan kualitas produk yang di beli. Jawaban item no 4 tentang menetapkan harga produk penjualan KUD Tani Wilis dengan pertimbangan kualitas produk yang paling dominan adalah kategori “Sering” dengan frekuensi 50%. Artinya bahwa KUD Tani Wilis dalam menjual harga produk penjualan dengan memperhatikan kualitas produk. Jawaban item no 5 tentang penetapan harga pembelian produk dari anggota sering di tentukan oleh KUD yang dominan adalah kategori “sering” dengan frekuensi 44,3%. Harga produk susu yang di beli oleh KUD di tentukan oleh Tani Wilis. Jawaban no 6 tentang penetapan harga produk pembelian dengan kualitas dalam kategori “sesuai” dengan frekuensi 50%. Artinya KUD Tani Wilis dalam menetapkan harga produk pembelian sudah sesuai dengan kualitas produk yang di beli. Jawaban item no7 tentang penetapan harga produk pembeli mempertimbangkan produk yang di beli dengan kategori “Sering” dengan frekuensi 43,3%. Artinya KUD Tani Wilis sering mempertimbangkan jumlah produk yang di beli.




Deskripsi Variabel Pelayanan Anggota (X2)
          Jawaban item no 1 tentang membeli /menjual di KUD Tani wilis apakah di layani dengan ramah, yang dominan adalah kategori “Ramah” dengan frekuensi 55,7%, Artinya KUD Tani Wilis dalam memberikan pelayanan dengan ramah. Jawaban no 2 tentang membeli/menjual produk di KUD Tani Wilis dilayani dengan cepat dengan kategori yang dominan adalah “Cepat” dngan frekuensi 55,7%, Artinya  bahwa KUD Tani Wilis dalam memberikan pelayanan di layani dengan cepat. Jawaban item no 3 tentang penimbangan produk yang dibeli/dijual di KUD Tani Wilis dengan penimbangan tepat dengan kategori “Cukup Tepat” dengan frekuensi 50%, artinya bahwa KUD Tani Wilis dengan melakukan penimbangan produknya dengan cukup tepat Jwaban item no 4 tentang jumlah produk yang di jual di KUD dapat memenuhi kebutuhan anggotanya yang dominan adalah “Dapat Memenuhi Kebutuhan Anggota” dengan frekuensi 52,9%, Artinya produk yang di jual dapat memenuhi kebutuhan anggotanya. Jawaban item no 5 tentang produk yang di jual di KUD Tani Wilis adalah produk yang berkualitas yang dominan adalah “Cukup Berkualitas” dengan frekuensi 52,9%, Artinya KUD Tani Wilis menjual produknya cukup berkualitas. Jawaban  item no 6 tentang macam/jenis yang sesuai dengan kebutuhan anggota dengan kategori “Banyak Macam /  Jenis Sesuai dengan Kbutuhan Anggota” dengan frekuensi 44,3%, Artinya produk yang di jual banyak macam/jenis sesuai kebutuhan anggota. Jawaban item no 7 tentang pada saat membeli produk di KUD Tani Wilis sering tersedia produk yang saudara butuhkan, yang dominan adalah “Sering” dengan frekuensi 38,6%, Artinya pada saat anggota membeli produk sering tersedia produk yang di butuhkan. Jawaban item no 8 tentang mendapat bonus apabila membeli dalam jumlah banyak, yang paling dominan adalah “Cukup Sering” dengan frekuensi 64,3%, Artinya bahwa anggota cukup sering memperoleh bonus apabila membeli dalam jumlah banyak.




Deskripsi Variabel Partisipasi (Y)
          Jawaban item no 1 tentang keterlibatan anggota dalam membayar simpanan wajib, yang paling dominan adalah “Tertib” dengan frekuensi 62,9%, Artinya bahwa anggota KUD Tani wilis tertib dalam membayar simpanan wajid. Jawaban item no 2 tentang membayar simpanan sukarela tiap bulan, yang dominan adalah “tertib Membayar Simpanan Sukarela perBulan” dengan frekuensi 38,6%, Artinya anggota KUD Tani Wilis tertib membayar simpanan sukarela tiap bulan. Jawaban item no 3 tentang keseringan membeli produk di KUD Tani Wilis, yang dominan adalah “Cukup Sering” dengan frekuensi 52,4%, Artinya bahwa anggota cukup sering membeli produk di KUD Tani Wilis . Jawaban item no 4 tentang menjual yang paling dominan adalah “Cukup Sering” frekuensi 52,9%. Artinya anggota cukup sering menjual. Jawaban item no 5 tentang membeli/menjual produk sering memberikan saran/masukan produk yang di kelola adalah dengan kategori “sering” frekuensi 47,1%, Artinya anggota sering memberikan saran/masukan tentang usaha yang di kelola. Jawaban item no 6 tentang anggota koprasi sering dilibatkan dalam perencanaan dan pembuatan kebijakan yerkait pengembangan usaha yang paling dominan adalah “Cukup Sering” frekuensi 57,0%. Artinya anggota koprasi cukup sering di libatkan dalam perencanaan dan pembuatan kebijakan di KUD Tani Wilis. Jawaban item no 7 tentang anggota koprasi sering menerima dan melaksanakan keputusan dalam rapat anggota yang paling dominan adalah “Sering” frekuensi 47,1%, Artinya anggota koprasi sering menerima keputusan dalam rapat anggota. Jawaban item no 8 tentang anggota koprasi yang ikut menjaga keberlangsungan hidup KUD Tani Wilis yang dominan adalah “Cukup Merasa” frekuensi 57,1%, Artinya anggota koprasi cukup menjaga keberlangsungan hidup KUD Tani Wilis. Jawaban no 9  tentang keseringan anggota menghadiri rapat, yang paling dominan adalah “Sering” frekuensi 44,3% , Artinya anggota sering menghadiri rapat di KUD Tani Wilis. Jawaban item no 10 tentang pada saat rapat anggota sering member saran terhadap koprasi, yang paling dominan adalah “Sering” dengan frekuensi 48,6%, Artinya anggota sering memberikan masukan kepada koprasi pada saat rapat.


Analisis Data
Analisis Korelasi Secara Parsial

Tabel : 3
Hasil Analis Dengan Menggunakan SPSS 12.00
Corelations

HARGA
PELAYANAN
PARTISIPASI
Sperman’s rho  HARGA                     Corelation Coefecient
    Sig. (2-tailed)
                                                                            N
1,000
-
69
0,442**
0,00
69
0,475**
0,00
69
                    PELAYANAN          Corelation Coefecient
    Sig. (2-tailed)
                                                                            N
O,452**
0,000
69
1,000
-
69
0,736***
0,000
69
                         PARTISIPASI           Corelation Coefecient
    Sig. (2-tailed)
                                                                            N
     
0,475**
0,000
69
0,736**
0,000
69
1,000
-
69

          Dari hasil analisis di atas dengan menggunakan program SPSS 12.00 koefesien dari variable dapat di jelaskan sebagai berikut :
-          Korelasi harga (X1) dengan partisipasi anggota (Y) terhitung 0,475 r Tabel (69) berarti korelasi positif  antara variabel harga (X1) dengan variabel partisipasi (Y).
-          Korelasi pelayanan (X2) dengan partisipasi anggota (Y) r hitung  sebesar 0,736 > r tabel (69) berarti ada korelasi positif  antara variabel pelayanan (X2) selalu diikuti naiknya variabel partisipasi (Y).




Koerelasi Secara Simultan

Tabel : 4
Hasil Analisis SPSS Square
Model Summary
Mode
R
R Square
Adjusted
R Square
Estimal
Change Statistics
R Square Change
Change
Df1
Df2
g. FChange
Durbin Watson
1
O,782
0,612
0,600
2,325
0,612
51,998
2
66
0,000
1,815












          Dari hasil analisis di atas  dengan menggunakan SPSS Square besar kofesien determinan R Square 0,16, artinya bahwa sebesar 61,2% secara bersama – sama variabel harga (X1) dan Pelayanan (X2) mempengaruhi partisipasi anggota (Y).

Tabel 5
Hasil Analisis Data SPSS 12.00 Uji F

Model
Sum of Squares

Df
Mean Square

F

Sig
1        Regression
Residual
Total
561,927
356,623
918,551
2
66
68
280,964
5,403
51,998
0,000

          Dari hasil analisis data seperti yang terdapat dalam tabel di atas besa F adalah 51,998 Sedangkan tabel df (2;68). Dengan demikian disimpulkan bahwa hipotesis 1 dapat diterima atau ada pengaruh secara simultanharga produk dan pelayananterhadap partisipasi anggota KUD Tani Wilis.

Pengujian hipotesis 2 (Analisis Regresi Secara Parsial)
Tabel : 6
Hasil SPSS 12.00 Uji Pengaruh Secara Parsial
Modal
Standarize Coeficients

T
Sig
Confidence interval
Corelations
Nearty status

B
D Error
Beta
Wer Bou
Uper Bou
Uro- ord
Partial
Part
Orelan
VIF
  1. (constanta)
HARGA
PELAYANAN
4,887
0,197
0,860
2,863
0,108
0,108
-
0,159
0,694
1,703
1,825
7,968
0.093
0.073
0.000
8,40
0.19
0.664
10,593
0.412
1,075
-
0,448
0,770
-
0,219
0.700
-
0,140
0,661
-
0,775
0,775
-
1.290
1.290















Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui perolehan t hitung (1) T hitung = 1.825. Kesimpulan tidak ada pengaruh yang signifikan  secara parsial variabel harga terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis.
          Dari hasil data juga terbukti variabel yang paling dominan adalah varianel pelayanan anggota dengan besar pengaruh 69,4%.

Pembahasan
          Dari hasil analisis terbukti bahwa variabel harga (X1) dan variabel pelayanan (X2) mempunyai korelasi positif terhadap partisipasi anggota. Sedangkan kalau di lihat dari besarnya  koifisen korelasi sebesar 0,475 menunjukan keeratan variabel X1 dengan Y rendah.
          Dari analisis data secara simutan terbukti ada pengaruh yang signifikan variabel X1 dan X2 terhadap Variabel Y. Besar  pengaruh secara bersama – sama sebesar 61,2% sedangkan sebesar 38% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti.
          Secara parsial terbukti variabel harga tidak berpengaruh pada partisipasi anggota. Hal ini menunjukan bahwa harga dalam pembelian ataupun penjualan produk di KUD Tani Wilis tidak di jadikan sebagai pertimbangan dalam  pengambilan keputusan oleh anggota untuk kpartisipasi pada KUD.
          Dari hasil analisis data terbukti bahwa pelayanan berpengaruh secara signifikan terhada partisipasi anggota di KUD Tani Wilis. Hal ini dapat di artikan bahwa pelayananmerupakan yang paling utama bagi anggota untuk brpartisipasi kepada koperasi.
          Dengan demikian pelayanan yang optimal kepada anggota akan merangsang anggota untuk berpartisipasi aktif terhadap koperasi. Anggota tidak akan berpartisipasi aktif apabila  koperasi tidak memberikan pelayanan dulu secara baik kepadaanggotanya.

DAFTAR  PUSTAKA
Arikunto, Suharismi.1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta
: Rineke Cipta
Assauri, Sofjan.2007. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada     
Cravens, David. W.1996. Pemasaran Strategis. Jakarta : Erlangga
Hendar dan Kusnadi . 1999. Ekonomi Koperasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas
            Indonesia.
 



Nama :  Muhajirin
NPM :   24212761
Kelas :   2EB09          

Nama :   Wahid Syahbani
NPM  :   27212624
Kelas :   2EB09