PERBEDAAN
PERDAGANGAN INTERNASIONAL DAN PEMASARAN INTERNASIONAL
Perdangangan internasional dan pemasaran internasional
merupakan bagian dari bisnis internasional. Dalam ilmu ekonomi perdagangan
internasional (international trade), seringkali dikaitkan dengan kegiatan
ekspor impor , valuta asing, serta neraca perdagangan dan neraca pembayaran.
Dalam kaitannya dengan pemasaran internasional, maka dasar ekonomi teoretis
perdagangan internasional memberikan pemahaman dasar mengapa suatu negara
berdagang dengan negara lain, dan karenanya memberikan pemahaman bagi pemasar internasional
mengenai kebijakan perdagangan luar negeri suatu negara. Perdagangan
internasional juga umumnya merupakan langkah pertama bagi suatu perusahaan
untuk memasuki arena internasional.
Sementara itu, yang dimaksud dengan pemasaran
internasional adalah penerapan konsep, prinsip, aktifitas dan proses manajemen
pemasaran dalam rangka menyalurkan barang atau jasa perusahaan ke konsumen di
berbagai negara demi tercapainya keuntungan-keuntungan tertentu. Yang
membedakannya dengan pemasaran dosmetik hanyalah pemasar menghadapi lingkungan
yang asing, dengan politik, regulasi , budaya, persaingan dan konsumen setempat
yang berbeda dengan lingkungan tempat tinggal pemasar yang bersangkutan.
Pemasaran internasional (international market) seringkali dilarikan dengan
pemasaran asing (foreign marketing)yang berarti kegiatan pemasaran di
lingkungan yang berbeda dengan lingkungan asalnya.
Adapun
perbedaan dari sisi lain yaitu :
Penjualan barang dan jasa tidak terbatas pada local,
regional atau pasar nasional saja, bahkan bisa mencapai pada internasional.
Negara-negara meng-impor barang yang mereka tidak memenuhi atau tidak mampu
memproduksi se-efisien Negara lain, dan mereka meng-ekspor barang yang mampu
diproduksi karena lebih efisiens. Pertukaran barang dan jasa di dunia atau
pasar global ini dinamakan Perdagangan Internasional.
Sedangkan, Pemasaran Internasional merupakan kegiatan
pemasar untuk menjalankan bisnis (profit dan nonprofit) guna memenuhi kebutuhan
pasar global dengan barang dan jasa (standar) diberbagai negara kemudian
menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen global dan mencapai tujuan perusahaan, yang
kegiatan operasinya melewati batas-batas lebih dari satu Negara.
ALASAN
MENGAPA SETIAP NEGARA
MELAKSANAKAN
BISNIS INTERNASIONAL
Suatu negara melakukan perdagangan internasional atau
bisnis internasional karena dua alasan
utama yang maisng-masing menyumbangkan keuntungan perdagangan bagi mereka
· Alasan pertama, negara-negara berdagang karena setiap negara berbeda satu sama lain. sebagaimana individu mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan dari perbedaan-perbedan mereka melalui suatu pengaturan dimana setiap pihak melakukan sesuatu dengan relatif baik.
·
Alasan kedua, negara-negara berdagang satu
sama lain dengan tujuan mencapai skala ekonomis dalam produksi, maksudnya jika
setiap negara menghasilkan sejumlah barang tertentu maka mereka dapat
menghasilkan barang-barang tersebut dengan skala yang lebih besar dan karenanya
lebih efisien dibandingkan jika negara tersebut mencoba untuk memproduksi
segala jenis barang. Motif inilah dalam dunia nyata merupakan cerminan
interaksi perdagangan internasional
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI BISNIS INTERNASIONAL
o
Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa
dalam negeriKeinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
o
Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi
o
Adanya kelebihan produk dalam negeri
sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.
o
Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya
alam, iklim, tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya
perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi.
o
Adanya kesamaan selera terhadap suatu
barang.
o
Keinginan membuka kerja sama, hubungan
politik dan dukungan dari negara lain.
o
Terjadinya era globalisasi sehingga tidak
satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.
o
Tidak ada komentar:
Posting Komentar