Rabu, 16 April 2014

Indra Sjafri Mampu memberi Harapan kepada Indonesia Melalui Timnas U-19


Ditengah permasalahan yang menguncang ditubuh PSSI muncul sebuah harapan baru yang siap membawa indonesia menjadi lebih baik lagi kedepannya dan siap memberikan prestasi sebanyak-banyaknya  . Ya munculah harapan baru, dialah Timnas U-19 . Dulu tak ada yg menduga dan tak ada yang mengira tapi sekarang seluruh masyarakat Indonesia mengelu-elukan mereka dan membuat Indonesia banyak berharap Timnas U-19 mampu memberikan prestasi .

Timnas U-19 semula dibentuk sekitar 4 tahun yang lalu, Indra Sjafri kala itu mendapat kepercayaan untuk menangani Timnas U-16 pada pagelaran AFF Cup U-16 di Thailand . Kala itu Indra Sjafri sudah langsung disodorkan pemain dan tidak sempat untuk melakukan seleksi yang akhirnya pemain-pemain itu langsung dibawa ke Thailand . Hasilnya jelas, Indonesia gagal di turnamen tersebut . Lalu setelah pulang dari Thailand, Indra Sjafri langsung merancang progres jangka panjang dan sudah menargetkan bahwa Indonesia harus lolos ke Piala Dunia . Untuk mewujudkan target tersebut, Indra Sjafri mencari pemain-pemain ke seluruh daerah nusantara . Dia mencari pemain berbakat yang tidak pernah telihati sedikitpun oleh PSSI . Blusukan ke kota-kota besar dan daerah terpencil disinggahinya demi mewujudkan Timnas yang kuat .

Dari pemain-pemain yang sudah didapat, Indra Sjafri mengumpulkan semua pemain tersebut untuk diseleksi kembali untuk mencari pemain yang terbaik . Untuk bisa masuk ke skuadnya, Indra Sjafri memberikan standar tinggi dimana pemain tersebut harus mempuanyai beberapa kriteria yang sudah ditetapkan seperti Skill, Fisik, mental, dan beberapa hal lainnya . Standar tinggi diberikan agar Timnas dibentuk tidak asal-asalan . 

Setelah menyeleksi pemain-pemain tersebut lalu Indra Sjafri langsung fokus kedalam Tim . Progres latihan jangka panjang ditetapkan dan Jadwal UjiCoba diatur sesuai kebutuhan Timnas . Jika melihat program yang disusun oleh Indra Sjafri seperti ini jelas masyarakat bisa berangan-angan untuk melihat Indonesia juara .

Bukti nyata nya adalah ketika Indonesia menjuarai AFF Cup U-19 dan berhasil lolos ke Piala Asia U-19 di Myanmar setelah mampu mengalahkan Korea Selatan U-19 yang notabanenya adalah juara bertahan AFC CUP U-19 . Kualitas cara bermain Timnas U-19 sangat enak ditonton dan pantas jika Indonesia juara AFF Cup U-19 di Sidoarjo beberapa waktu lalu .

Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn, Maldini Pali, Muchlis Hadi, Putu Gede, dan beberapa pemainnya telah menjadi bintang baru yang muncul saat ini .
Jika mereka semua terus mengasah kemampuan mereka dan terus berlatih keras, target yang direncanakan  4 tahun yang lalu kemungkinan besar bisa terwujud untuk bisa tampil di Piala Dunia U-20 di Selandia Baru . Indonesia PASTI BISA !!   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar