REVIEW
PENGARUH
HARGA DAN PELAYANAN ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD TANI WILIS
KECAMATANSENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG
Oleh :
Sulastri Rini Rindrayani
Cakrawala Pendidikan, Volume 11, Nomor 1,
April 2009
Abstrak
Abstrak
: Tujuan penelitian ini
adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan varibel harga dan
pelayanan anggota terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan
Sendang Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh secara parsial
variabel harga dan pelayanan anggota terhadap partisipasi anggota di KUD Tani
Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. 3) Untuk mengetahui diantara
varibel harga dan pelayanan anggota mana yang paling dominan berpengaruh
terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten
Tulungagung.Populasi dalam penelitian ini 230 anggota KUD Tani Wilis .
Sedangkan sampelnya 30% (69 anggota ) diambil dengan teknik area proposional
ramdom sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan
instrumen. Alternative jawaban ada empat option dengan penskoran bila
jawab a += skor 4, b = skor 3, c = skor 2 dan d = skor 1. Teknik analisis
data menggunakan analisis statistic regresi linier berganda dibantu dengan
bantuan program SPSS 12.00. dari hasil analisis terbukti (1) secara simultan
variabel harga dan pelayanan anggota berpengaruh secara signifikan terhadap
partisipasi anggota. Hal ini terbukti besar F hitung adalah 51,998. Sedangkan
besar F tabel pada F (2:68:0,05) adalah 3,13, berati F hitung > F tabel maka
Ho ditolak dan Ha di terima. Sedangkan besar pengaruh secara simultan sebesar (
R square 0,612) atau 61,2%, sedangkan sebesar 38,8% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti (2) Dari hasil analisis secara persial
variabel Harga (XI) tidak berpengaruh terhadap partisipasi anggota , hal ini
terbukti t hitung b1= 1.825< t tabei =
3,14 berarti Ho diterima di Ha ditolak. (3) Dari hasil analisis secara
parsial variabel pelayanan anggota (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap
partisipasi anggota, hal ini terbukti besar t hitung b2
= 7,968> ttabel = 3,14 berarti Ho ditolak Ha diterima.
Varibel yang paling dominant berpengaruh adalah variabel harga
dengan besar pengaruh 69,4%.
PEMBAHASAN
Pengertian Koperasi
Koperasi
adalah badan usaha yang beranggotakan orang –orang atau badan hukum
koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus
sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan”. ( UU
NO. 25, 1992 : 71)
Pengertian
tersebut dapat dijelaskan bahwa koperasi sebagai badan usaha tidak meninggalkan
tujuan koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan
masyarakat pada umumnya.Sebagai badan usaha koperasi harus mampu bersaing
dengan badan usaha non koperasi, baik dalam hal pelayanan, harga, kualitas
produk, pemasaran produk, dan sebagainya sehingga anggota akan tertarik untuk
selalu berpartisipasi melakukan transaksi di koperasi. Salah satu perangsang
untuk menarik anggota agar tetap menjadi pelanggan koperasi adalah harga.
Penetapan harga produk minimal sama dengan harga pasar atau lebih rendah dengan
harga pasar.
Penetapan Harga
Harga
merupakan satu-satunya unsur marketing mix yang menghasilkan penerimaan
penjualan. Harga merupakan komponen yang berpengaruh langsung terhadap laba
perusahaan. Tingkat harga yang ditetakan mempengaruhi kuantitas yang terjual.
Selain itu secara tidak langsung harga juga mempengaruhi biaya, karena
kuantitas yang terjual berpengaruh pada biaya yang ditimbulkan dalm kaitanya dengan
efisiensi produksi.
Sementara
itu, dari sudut pandang konsumen, harga seringkali digunakan sebagai indikator
nilai bilamana harga berhubungan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu
barang atau jasa.
Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa pada tingkat harga tertentu, bila manfaat yang
dirasakan konsumen meningkat, maka nilainya akan meningkat pula. Demikian pula
sebaliknya pada tingkat harga tertentu, nilai suatu barang atau jasa meningkat
seiring dengan meningkatnya manfaat yang dirasakan.
Tujuan
penetapan harga yang diambil, yaitu (1) Memperoleh laba yang maksimum dalam hal
ini perusahaan menetapkan harga untuk memperoleh tingkat keuntungan yang
maksimal paling memuaskan. (2) Mendapatkan share pasar tertentu sebuah
perusahaan dapat meningkatkan tingkat harga untuk mendapatkan atau meningkatkan
share pasar, meskipun mengurangi keuntungan pada masa itu. (3) Mencapai
keuntungan yang ditargetkan. (4) Mempromosikan produk prusahaan menetapkan
harga khusus yang rendah untuk mendorong penjualan bagi produknya, bukan
semata-mata bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.
Pelayanan Anggota
Pelayanan
anggota dapat diartikan suatu perbuatan yang diberikan koperasi pada saat
melayani anggota. Jadi koperasi sebagai pelayanan dan anggota sebagai orang
yang dilayani. Sikap atau perbuatan koperasi yang digunakan dalam melayani
anggota adalah sikap yang positip yang dapat menarik anggota untuk
berpatisipasi aktif dalam kegiatan koperasi. Misalnya koperasi selalu ramah
dalam melayani anggotanya, koperasi selalu cepat dan tepat dalam memberikan
pelayanan, barang yang dibutuhkan pada anggota selalu tersedia dikoperasi dan
sebagainya.
PENUTUP
Kesimpulan
.
Ada
pengaruh secara simultan variabel harga dan pelayanan terhadap partisipasi
anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung
Ada pengaruh secara parsial variabel
harga terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang
Kabupaten Tulungagung yang ditolak.
Ada
pengaruh secara parsial variabel harga terhadap partisipasi anggota di KUD Tani
Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung yang diterima.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharismi.1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta
:
Rineke Cipta
Assauri,
Sofjan.2007. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: PT
Raja
Grafindo Persada
Cravens,
David. W.1996. Pemasaran Strategis. Jakarta : Erlangga
Hendar
dan Kusnadi . 1999. Ekonomi Koperasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas
Indonesia.
Nama :
Muhajirin
NPM :
24212761
Kelas :
2EB09
Tidak ada komentar:
Posting Komentar