Halaman

Senin, 18 Mei 2015

INI HOBI KU MANA HOBI MU .....

Pendakian Gunung Prau
Kamis,  16 April 2014
            Hari ini saya dan teman-teman akan berangkat ke jawa tengah tepatnya ke salah satu Gunung di Wilyah perbatasan Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Kendal. Kami berangkat kesanah menggunakan angkutan umum yaitu Bus Sinar Jaya jurusan jawa tengah , Jadwal keberangkatan Bus jam 17.00 WIB dari terminal depok . Jam 15.00 WIB saya dan teman-teman segera bergegas untuk siap-siap berangkat ke Terminal Bus Depok agar kami tidak ketinggalan Bus. Jam 16.00 WIB akhirnya kami pun sampai di Terminal Bus Depok dan syukur Alhamdulilah kami sampai lebih awal dari jadwal keberangkatan Bus. Sembari menunggu keberangkatan Bus kami semua tidak lupa untuk mengecek barang-barang kami supaya tidak ada yang ketinggalan.  Waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 WIB itu nyatanya berarti Bus akan segera diberangkatkan, kami pun cepat-cepat segera untuk masuk kedalam bus dan mencari tempat duduk masing-masing, dan setelah para penumpang sudah masuk semua akhirnya Bus pun berangkat.
            Sepanjang perjalanan saya dan teman-teman sangat keliatan senang sekali dan kami pun mulai mengisi obrolan-obrolan yang sangat asyik untuk menambah kesenangan kami di dalam Bus, saat habis obrolan kami pun pada sibuk sendiri, ada yang asyik main Handphone, mendengarkan musik, dan tidur. Tidak kerasa waktu sudah menunjukan pukul 23.00 WIB dan akhirnya Bus pun berhenti di tempat Rumah makan masakan padang, kami pun semua turun untuk beristirahat dan makan sejenak . Setelah semuanya sudah selesai istirahat dan makan kami pun melanjutkan perjalanan kembali. Sepanjang perjalanan kami semua terlelap tidur mungkin karena tadi kami semua makan dengan lahap dan banyak sehingga kami tidur dengan lelap, suasana bus pun menjadi hening dan sepi. Setelah menempuh perjalanan sekitar 11 jam kami pun akhirnya sampe di taman kota Wonosobo. Dan kami pun semua turun dan beristirahat sejenak untuk melanjutkan kembali perjalanan menuju Dieng . setelah beristirahat cukup lama akhirnya kami siap untuk menlajutkan perjalanan lagi, untuk bisa sampai ke Dieng kami harus menggunakan Angkutan Umum yaitu Bus jurusan Dieng , setelah menunggu beberapa menit akhirnya Bus pun sampai dan kami pun segera untuk masuk ke Bus tersebut dan Bus pun berangkat menuju Dieng,  untuk bisa sampai kesanah dibutuhkan waktu sekitar 3 jam .

Jumat, 17 April 2015
Saya dan teman-teman akhirnya sampe di  pintu masuk Desa Patak Banteng,  Sebenarnya untuk bisa menuju puncak Gunung Prau ada Dua Pintu masuk yaitu, pertama lewat Desa Patak Banteng, dan kedua bisa lewat Desa Dieng Kulon. Saya dan teman-teman memutuskan untuk melewati jalur Desa Patak Banteng.
                                            Selfie di Pintu Masuk Patak Banteng
Base Camp di jalur pendakian ini berada dikawasan pemukiman rumah warga.

Base Camp Patak Banteng

Kami berniat untuk beristirahat dulu di Base Camp Patak Banteng  dan sekalian untuk melapor ke petugas yang ada di base camp. Di base camp kami semua berkumpul dan merapihkan barang-barang kami sebelum mendaki gunung . kami semua sepakat untuk mendaki gunung setelah menunaikan ibadah sholat Jumat. Setelah semuanya selesai kami pun segera siap-siap untuk mendaki tidak lupa kami pun berdoa terlebih dahuhulu agar diperjalanan kami semua selamat.
            Akhirnya pendakian kami pun dimulai menulusuri jalan diantara rumah-rumah penduduk. Trek awal berupa anak tangga yang cukup terjal, diapit perkebunan penduduk setempat yang sangat indah. Kebanyakan para pendaki lebih memilih mendaki di malam hari untuk menghindari cuaca panas dan sengatan sang matahari. Tetapi kami semua memutuskan untuk mendaki di siang hari dan tidak mau mengambil resiko. Waktu tempuh jalur ini ke puncak berkisar 4-5 jam perjalanan melalui darat, dengan kontur tanah yang keras dan tanjakan-tanjakan yang curam siap menyapa kita sepanjang jalurnya. Tidak kerasa pendakian kami sudah memakan waktu satu jam lebih dan kami bersepakat untuk beristirahat dulu sejenak sembari mengisi stamina dan tenaga kita sebelum malanjutkan perjalanan. Tenaga dan stamina pun sudah terisi dan akhirnya kami pun melanjutkan perjalanan kembali, karena cuaca semakin memburuk dan kayaknya mau turun hujan langkah kami pun kami percepat untuk menghindari hujan. Tidak terasa akhirnya kami pun sampe di Pos III pos terkhir di pendakian ini dan kami beristirahat kembali.

POS III CACINGAN
Karena camping area semakin dekat dari pos III kami pun tidak lama-lama untuk beristirahat dan siap melanjutkan perjalanan kembali, di sepanjang perjalanan raut muka kami semua sudah tidak karuan  terlihat kami semua merasakan kecapekan yg begitu berat  namun disisi lain raut muka kami kelihatan senang dan bahagia karena sebentar lagi kami sampe di camping area dan akhirnya setelah perjalanan begitu panjang kami pun akhirnya sampe di camping area.
                                                                  Camping Area
Pukul 5 sore, saya dan teman-teman sampe disini, Suhu dingin membuat kami segera pasang tenda dan mulai memasak untuk makan malam. Disekitar tempat ini sudah ada beberapa tenda pendaki lain yang berderet panjang diatas bukit. Malamnya kita disuguhkan panorama yang luar biasa indahnya, dikejauhan nampak lampu-lampu yang menghiasi salah satu Kota. Karena kami lelah selama perjalanan, sebaiknya kami segera tidur, dan bersiap bangun esok subuh sembari menanti datangnya sang mentari.
                                                              Sunrise dari Gunung Prau

Foto dari Sunrise Gunung Prau
Siapkan kamera anda, dan dokumentasikan semua yang anda lihat ketika saat-saat penantian terbitnya mentari  dari ufuk timur cakrawala. Dari sini kita bisa melihat Gunung  Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Penanggungan, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu dari kejauhan, sejelek apapun kamera anda , hasilnya pasti akan bagus ketika anda memotret disini.
                                Menikmati Indahnya kebersamaan Di Atas Gunung Prau
Bagaimana sobat sungguh luar biasa kan ciptaan maha kuasa yang begitu indah ini dijamin deh kalau sudah kesini gak bakalan nyesal sobat , harus dicoba nih guys.  Saatnya kita sekarang turun dan siap-siap untuk merapih barang-barang kita seperti tenda, tas, dan sampah-sampah yg masih berserakan di tanah, untuk perjalanan pulang kita akan melalui jalur Desa Dieng Kulon.
                                                    Jalur Menara Repeater
Ini gambar jalur menuju menara repeater, lihat sobat pemandangannya indah sekali, tapi harus hati-hati juga soalnya treknya agak terjal dan curam disarankan kepada para pendaki untuk hati-hati melewati jalur ini. Waktu tempuh kita untuk bisa sampai ke Pos Menara Repeater dibutuhkan waktu sekitar 30 menitan. Setelah melewati tempat ini, kita akan melewati sebuah jalan turunan yang sangat terjal dan kontur tanahnya miring dan tidak beraturan, waktu tempuh dari Pos Menara – Desa Dieng Kulon berkisar  1-2 jam. Di jalur ini ada beberapa persimpangan jalan, terus ikuti petunjuk arah yang menempel dibatu maupun batang-batang  dipohon, akhir jalur ini, ditandai dengan kita memasuki area perkebunan penduduk khas dataran tinggi.
                                           Perkebunan di Kawasan Rumah Warga
Dari sini waktu tempuh ke Desa Dieng Kulon sekitar 30 menit lagi dan akan memasuki daerah kawasan Dieng  dan jalan raya yang cukup lebar menuju ke Wonosobo. Bagaimana kawan tertarik untuk mendaki Gunung Prau, selamat mencoba dan selamat menikmati indahnya Gunung Prau. Terima kasih ......