Rabu, 20 November 2013

REVIEW 1



REVIEW
PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD TANI WILIS KECAMATANSENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Oleh :

Sulastri Rini Rindrayani

Cakrawala Pendidikan, Volume 11, Nomor 1, April 2009

Abstrak
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan varibel harga dan pelayanan anggota terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel harga dan pelayanan anggota terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. 3) Untuk mengetahui diantara varibel harga dan pelayanan anggota mana yang paling dominan berpengaruh terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.Populasi dalam penelitian ini 230 anggota KUD Tani Wilis . Sedangkan sampelnya 30% (69 anggota ) diambil dengan teknik area proposional ramdom sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan instrumen. Alternative jawaban ada empat option dengan penskoran bila jawab  a += skor 4, b = skor 3, c = skor 2 dan d = skor 1. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic regresi linier berganda dibantu dengan bantuan program SPSS 12.00. dari hasil analisis terbukti (1) secara simultan variabel harga dan pelayanan anggota berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi anggota. Hal ini terbukti besar F hitung adalah 51,998. Sedangkan besar F tabel pada F (2:68:0,05) adalah 3,13, berati F hitung > F tabel maka Ho ditolak dan Ha di terima. Sedangkan besar pengaruh secara simultan sebesar ( R  square 0,612) atau 61,2%, sedangkan sebesar 38,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti (2) Dari hasil analisis secara persial variabel Harga (XI) tidak berpengaruh terhadap partisipasi anggota , hal ini terbukti  t hitung b1= 1.825< t tabei  = 3,14 berarti  Ho diterima di Ha ditolak. (3) Dari hasil analisis secara parsial variabel pelayanan anggota (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi anggota, hal ini terbukti  besar  t hitung  b2 = 7,968> ttabel  = 3,14 berarti Ho ditolak Ha diterima. Varibel yang paling  dominant  berpengaruh adalah variabel harga dengan besar pengaruh 69,4%.

PEMBAHASAN
Pengertian Koperasi
Koperasi   adalah  badan usaha yang beranggotakan orang –orang  atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan”. ( UU NO. 25, 1992 : 71)
Pengertian tersebut dapat dijelaskan bahwa koperasi sebagai badan usaha tidak meninggalkan tujuan koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.Sebagai badan usaha koperasi harus mampu bersaing dengan badan usaha non koperasi, baik dalam hal pelayanan, harga, kualitas produk, pemasaran produk, dan sebagainya sehingga anggota akan tertarik untuk selalu berpartisipasi melakukan transaksi di koperasi. Salah satu perangsang untuk menarik anggota agar tetap menjadi pelanggan koperasi adalah harga. Penetapan harga produk minimal sama dengan harga pasar atau lebih rendah dengan harga pasar.    

Penetapan Harga
Harga merupakan satu-satunya unsur marketing mix yang menghasilkan penerimaan penjualan. Harga merupakan komponen yang berpengaruh langsung terhadap laba perusahaan. Tingkat harga yang ditetakan mempengaruhi kuantitas yang terjual. Selain itu secara tidak langsung harga juga mempengaruhi biaya, karena kuantitas yang terjual berpengaruh pada biaya yang ditimbulkan dalm kaitanya dengan efisiensi produksi.
Sementara itu, dari sudut pandang konsumen, harga seringkali digunakan sebagai indikator nilai bilamana harga berhubungan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu barang atau jasa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada tingkat harga tertentu, bila manfaat yang dirasakan konsumen meningkat, maka nilainya akan meningkat pula. Demikian pula sebaliknya pada tingkat harga tertentu, nilai suatu barang atau jasa meningkat seiring dengan meningkatnya manfaat yang dirasakan.
Tujuan penetapan harga yang diambil, yaitu (1) Memperoleh laba yang maksimum dalam hal ini perusahaan menetapkan harga untuk memperoleh tingkat keuntungan yang maksimal paling memuaskan. (2) Mendapatkan share pasar tertentu sebuah perusahaan dapat meningkatkan tingkat harga untuk mendapatkan atau meningkatkan share pasar, meskipun mengurangi keuntungan pada masa itu. (3) Mencapai keuntungan yang ditargetkan. (4) Mempromosikan produk prusahaan menetapkan harga khusus yang rendah untuk mendorong penjualan bagi produknya, bukan semata-mata bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Pelayanan Anggota
Pelayanan anggota dapat diartikan suatu perbuatan yang diberikan koperasi pada saat melayani anggota. Jadi koperasi sebagai pelayanan dan anggota sebagai orang yang dilayani. Sikap atau perbuatan koperasi yang digunakan dalam melayani anggota adalah sikap yang positip yang dapat menarik anggota untuk berpatisipasi aktif dalam kegiatan koperasi. Misalnya koperasi selalu ramah dalam melayani anggotanya, koperasi selalu cepat dan tepat dalam memberikan pelayanan, barang yang dibutuhkan pada anggota selalu tersedia dikoperasi dan sebagainya.

PENUTUP
Kesimpulan
.         Ada pengaruh secara simultan variabel harga dan pelayanan terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung
          Ada pengaruh secara parsial variabel harga terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung yang ditolak.
          Ada pengaruh secara parsial variabel harga terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung yang diterima.

DAFTAR  PUSTAKA
Arikunto, Suharismi.1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta
: Rineke Cipta
Assauri, Sofjan.2007. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada
Cravens, David. W.1996. Pemasaran Strategis. Jakarta : Erlangga
Hendar dan Kusnadi . 1999. Ekonomi Koperasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas
            Indonesia.

Nama : Muhajirin
NPM : 24212761
Kelas : 2EB09


Tidak ada komentar:

Posting Komentar