Halaman

Jumat, 08 Maret 2013

Tulisan 1


LOVE INDONESIA
Kata’’ indonesia’’ bersal dari bahasa latin yaitu indus yang berarti ‘’Hindia’’ dan bahasa Yunani nesos yang bearti ’’Pulau’’. Jadi, kata indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum indonesia menjadi negara yang berdaulat. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah perang pasifik berakhir pada tahun 1945,dibawah tekanan organisasi pemuda, Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah kemerdekaan tersebut, tiga pendiri bangsa yakni, Soekarno, Mohammad Hatta, dan Sultan Sjahrir masing- masing menjabat sebagai presiden, wakil presiden, dan perdana menteri.
Berbicara  tentang Negara Indonesia, Indonesia adalah negara yang paling terpukul oleh krisis keuangan Asia 1997-1998 terhadap dolar AS. Mata uang rupiah jatuh dari Rp2.600 ke titik rendah Rp14.000, dan ekonomi menyusut sebesar 13,7%. Saat ini rupiah stabil di Rp8.000-Rp10.000. Pemulihan ekonomi yang lambat tapi signifikan terjadi. Namun, ketidakstabilan politik, reformasi ekonomi yang lambat, dan KORUPSI memperlambat pemulihan.
Namun, Negara Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, dan emas. Sehingga sejak dulu Indonesia selalu menjadi incaran negara-negara lain karena kekayaannya.
Jadi intinya , Meskipun Indonesia memiliki track record yang buruk tentang bencana alam (gempa bumi, gunung meletus, banjir, angin topan, tsunami, dll), korupsi (salah satu negara terkorup didunia), separatisme, kemiskinan, dll. Kita harus tetap bangga kepada negara yang mengorbankan banyak nyawa para pahlawan bangsa dalam memperebutkan kemerdekaannya. Kita berharap perubahan ekonomi akan menjadi maju dan Indonesia kembali menjadi macan Asia yang disegani bangsa-bangsa lain.

·         Sistem Ekonomi Indonesia
Sistem ekonomi yang diterapkan indonesia pada saat ini adalah lebih condong kepada sistem ekonomi liberal atau kapitalis,yang tidak lama lagi akan menuju neo-liberal. Sistem neo-liberal ini semakin subur apabila globalisasi semakin memasuki berbagai sendi-sendi kehidupan. Semula globalisasi masih terkait dengan bidang informasi dan komunikasi, Selangkah demi selangkah, globalisasi ini semakin membesar menggulung bidang lainnya termasuk dalam sektor ekonomi,politik,dll.
Memang sistem ekonomi liberal ini menguntungkan kaum bermodal alias kapitalis. Di Indonesia dapat dihitung dengan jari, para konglomerat yang menguasai perekonomian. Hanya segelintir orang yang menguasai perekonomian di Indonesia. Kondisi ini terjadi sebagai konsekuansi kita yang menganut ekonomi kapitalis, walaupun pemerintah tidak secara gamblang menyatakannya. Namun pada prakteknya, sistem ekonomi liberal atau kapitalis inilah yang sebenarnya dijalankan di Indonesia. Maka melihat dari kenyataan itu, sudah saatnya ekonomi kita mencoba merajut ulang sistem ekonomi yang akan dijalankan di Indonesia ke depan, supaya rakyat Indonesia ditempatkan sebagai rakyat yang berhak merasakan kesejahteraan dengan nyata.

·         Pariwisata Indonesia
Kegiatan atau aktivitas pariwisata pada perkembangannya telah menjadi industri pariwisata dan merupakan salah satu sektor yang dapat memberikan keuntungan secara ekonomi, di negara sedang berkembang ini seprti: Indonesia , sektor pariwisata dijadikan sebagai salah satu sumber devisa negara. Kegiatan pariwisata dan obyek wisata dapat memberikan 6 point dampak positif, adapun dampak positif tersebut yaitu :
1). Penyumbang Devisa Negara
2). Menyebarkan Pembangunan
3). Menciptakan Lapangan Kerja
4). Memacu pertumbuhan ekonomi melalui dampak penggandaan (multiplier effect)
5). Wawasan masyarakat tentang bangsa-bangsa di dunia semakin luas
6). Mendorong semakin meningkatnya pendidikan dan keterampilan penduduk

Berdasarkan penjelasan diatas, maka pariwisata merupakan salah satu hal yang penting bagi suatu negara. Dengan adanya pariwisata, suatu negara atau lebih khusus lagi pemerintah daerah tempat obyek wisata itu berada mendapat pemasukan dari pendapatan setiap obyek wisata. Berkembangnya sektor pariwisata di suatu negara akan menarik sektor lain untuk berkembang pula karena produk-produknya diperlukan untuk menunjang industri pariwisata tersebut.

·         Kependudukan Indonesia
Penduduk Indonesia adalah mereka yang tinggal di indonesia pada saat dilakukan sensus dalam kurun waktu minimal 6 bulan. Masalah kependudukan merupakan masalah umum yang dimiliki oleh setiap negara di dunia ini . secara umum, masalah kependudukan di berbagai negara dapat dibedakan menjadi dua yaitu dalam hal kualitas/jumlah penduduk dan kualitas penduduknya .
Sensus Penduduk ( cecah jiwa ) yaitu pencatatan / penghitungan penduduk di suatu daerah/ negara pada kurun waktu tertentu.  Berdasrkan pelaksanaanya / metode pencatatannya sensus dibedakan menjadi dua yaitu : metode hoseholder dan metode canvaser.
Ø  Metode Hoseholder : Pada metode ini , pengisian daftar pertanyaan tentang data kependudukan diserahkan kepada penduduk atau responden, sehingga penduduk yang diberi daftar pertanyaan untuk di isi dan akan diambil kembali beberapa waktu kemudian.
Ø  Metode Canvaser : Pada metode ini, pengisian daftar pertanyaan tentang data kependudukan dilakukan oleh petugas sensus dengan cara mendatangi dan mewawancarai penduduk atau responden secara langsung.
·         Pemerintah Indonesia
Sistem Pemerintahan Indonesia menganut sistem yang sangat unik dan berbeda di negara lain yang lebih mengutamakan hak azazi dan sejarah bangsa itu sendiri yaitu sistem pancasila.
Negara indonessia juga adalah salah satu negara yang berada di Asia Tenggara, dan menjadi salah satu perintis, pelopor, dan pendiri berdirinya ASEAN. Letak geografis Indonesia yang berada di dua Samudera yaitu samudera pasifik dan Samudera Atlantik, serta diapit dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia.
Sistem  Pemerintahan Negara Indonesia dapat diartikan dua bagian, yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas. Dalam arti sempit pemerintahan terdiri dari lembaga eksekutif saja, yaitu :
1.      Tingkat Pusat ( Meliputi presiden dan wakil presiden, menteri-menteri dan instansi yang berada dalam ruang lingkupnya)
2.      Tingkat Daerah meliputi :
a.       Provinsi terdiri dari Gubernur dan wakil gubernur yang dibantu oleh dinas-dinas
b.      Kota dan kabupaten dipimpin oleh Walikota dan wakil walikota atau Bupati dan wakil bupati, dan dibantu oleh dinas-dinas,camat,lurah,atau kepala desa, serta rw, rt, kudus.   
Sedangkan dalam arti luas adalah meliputi semua alat kelengkapan negara, yaitu MPR, DPR, DPD, Presiden dan Wapres, BPK, MA, MK, KY, dan lembaga khusus ( KPK, KPU, dan Bank Sentral )


http://hguntoro11.blogspot.com/2012/05/sistem-pemerintahan-negara-republik.htmlhttp://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090411185823AAjhbIy
http://www.rahmat-dharmawan.com/2012/08/tentang-negara-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar